PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SD NEGERI 20 KALUMBUK PADANG

Silva, Ramadani and Gusmaweti, Gusmaweti and Rona, Taula Sari (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SD NEGERI 20 KALUMBUK PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
29 SILVA RAMADANI 1510013411077 Cover.pdf

Download (72kB)
[img] Text
29 SILVA RAMADANI 1510013411077 Abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text
29 SILVA RAMADANI 1510013411077 BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
29 SILVA RAMADANI 1510013411077 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
29 SILVA RAMADANI 1510013411077 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
29 SILVA RAMADANI 1510013411077 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
29 SILVA RAMADANI 1510013411077 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
29 SILVA RAMADANI 1510013411077 Daftar Pustaka.pdf

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi alat pencernaan manusia kelasV SD Negeri 20 Kalumbuk yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme ini menggunakan 3-D models. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan uji validitas dari ahli (dosen) dan uji praktikalitas dari guru dan siswa SD Negeri 20 Kalumbuk Padang. Rancangan modul yang telah di desain, divalidasi oleh dua dosen ahli kemudian diuji cobakan di kelas V SD Negeri 20 Kalumbuk Padang untuk mengetahui praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi alat pencernaan manusia kelasV SD Negeri 20 Kalumbuk Padang berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata 3,55. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata – rata 100%, juga dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata – rata 88%. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi alat pencernaan manusia yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelasV SD. Kata Kunci : Modul IPA konstruktivisme, Valid, Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 15 Jul 2020 07:49
Last Modified: 15 Jul 2020 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item