PENILAIAN KONDISI, RISIKO KECELAKAAN DAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN WILAYAH II PROVINSI SUMATERA BARAT (STUDI KASUS RUAS JALAN PADANG-SOLOK-SAWAHLUNTO)

Rudianto, Agusta and Eva, Rita and Robby, Permata (2021) PENILAIAN KONDISI, RISIKO KECELAKAAN DAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN WILAYAH II PROVINSI SUMATERA BARAT (STUDI KASUS RUAS JALAN PADANG-SOLOK-SAWAHLUNTO). Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (70kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (151kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (135kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (336kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kondisi ruas jalan Padang-Solok-Sawahlunto sudah mengalami kerusakan yang cukup parah pada beberapa segmen/spot-spot. Existing jalan banyak mengalami keretakan dan berlubang serta amblas akibat padatnya lalu lintas dan banyaknya kendaraan berat yang melewatinya. Dibalik manfaat lalu lintas, ternyata mucul beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pengelolaan infrastruktur jalan, salah satunya yaitu kecelakaan lalu lintas akibat defisiensi keselamatan infrastruktur jalan. Untuk meningkatkan kelancaran arus lalu lintas yang melalui ruas jalan Padang-Solok-Sawahlunto perlu ditinjau ulang sehingga diperoleh konstruksi perkerasan yang mantap dan stabil. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui jenis kerusakan jalan dan nilai kondisi perkerasan jalan dengan cara Metode PCI (Pavement Condition Index) dan Metode Bina Marga, (2) Untuk mengetahui nilai risiko kecelakaan di setiap ruas PadangSolok-Sawahlunto, (3) Untuk mengetahui prioritas penanganan jalan ruas Padang-SolokSawahlunto dengan cara Metode PCI (Pavement Condition Index) dan Metode Bina Marga. Dari hasil survei dan analisis data secara keseluruhan kondisi jalan didapat nilai PCI 56,37 termasuk kedalam kondisi baik (Good) dan metode bina marga didapat nilai total angka kerusakan 18 sehingga angka kondisi didapat 6. Penilaiain risiko kecelakaan dijalan raya didapat kategori tidak berbahaya (TB), cukup berbahaya (CB) dan berbahaya (B). Untuk prioritas penanganan jalan Padang-Solok-Sawahlunto dengan metode PCI masuk dalam program pemeliharaan berkala sedangkan dengan metode bina marga masuk kedalam program peningkatan atau rekontruksi jalan. Kata Kunci: Kerusakan jalan, Prioritas, Pemeliharaan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 28 May 2021 07:26
Last Modified: 28 May 2021 07:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3931

Actions (login required)

View Item View Item