GUSMARLINDA, GUSMARLINDA and Hasnul, Fikri and Ineng, Naini (2021) Pengembangan Modul Berbasis Pengalaman untuk Pembelajaran Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP N 6 Padang. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
abstrak.pdf Download (171kB) |
|
Text
bab i.pdf Download (213kB) |
|
Text
bab ii-iv.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
bab v.pdf Download (106kB) |
|
Text
cover.pdf Download (301kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (187kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan dan produk pengembangan modul berbasis pengalaman yang valid, praktis, dan efektif pada materi teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengertian modul yang disusun oleh Purwanto (2009), dan pengertian teks fabel yang disusun oleh Sukiman (2012). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 3-D yang terdiri atas 3 tahap, yaitu tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Modul berbasis pengalaman divalidasi oleh pakar. Kepraktisan modul dilihat melalui respon guru dan siswa serta analisis pelaksanaan dan hasil pembelajaran dengan menggunakan modul yang dirancang. Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, proses pengembangan terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap pendefenisian yang menganalisis kurikulum, konsep, dan siswa. Pada tahap perancangan dilakukan perancangan kerangka modul dan penulisan kerangka modul berbasis pengalaman. Modul tersebut berisi langkah-langkah menulis teks fabel berdasarkan pengalaman siswa. Kedua, pada tahap pengembangan modul didapatkan hasil validasi dari pakar sebesar 95 dengan kategori sangat valid. Praktikalitas modul berdasarkan respon praktisi ada dua yaitu: pertama, praktikalitas oleh guru sebesar 96,47 dengan kategori sangat praktis. Praktikalitas siswa pada ujicoba pertama sebesar 83,45 dengan kategori praktis, sedangkan pada ujicoba kedua sebesar 95 dengan kategori sangat praktis. Efektivitas modul terdiri dari hasil belajar dan aktivitas nilai siswa adalah 67,55 dengan kualifikasi lebih dari cukup, sedangkan pada postes sebesar 86,88 dengan kualifikasi baik sekali. Aktivitas siswa selama prses pembelajaran adalah sebesar 94 dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan uraian analisis data dapat disimpulkan: (a) proses pengembangan modul berbasis pengalaman terdiri atas tiga tahap yaitu, pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), (b) modul berbasis pengalaman valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran menulis teks fabel karena terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 6 Padang. Kata kunci:Pengembangan Modul, Berbasis Pengalaman, Menulis Teks Fabel
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Hermanto Hermanto |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 08:34 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 08:34 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4008 |
Actions (login required)
View Item |