PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI ( CERITA FANTASI) SISWA KELAS VII SMPN I SUNGAI APIT

MERYANTI, MERYANTI and Yetty, Morelent and Diana, Chitra Hasan (2021) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI ( CERITA FANTASI) SISWA KELAS VII SMPN I SUNGAI APIT. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (466kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (364kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (354kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (557kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (351kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) menguji dan mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis teks fantasi siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan media audio visual dengan pendekatan penemuan (discovery learning), (2) menguji dan mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis teks fantasi siswa sebelum dan setelah diajarkan tanpa menggunakan media audio visual dengan pendekatan penemuan (discovery learning),dan (3) menguji serta mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis teks narasi(cerita fantasi) siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual dengan pendekatan penemuan (discovery learning) dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media audio visual dengan pendekatan (discovery learning), pada siswa kelas VII SMPN I Sungai Apit.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen, membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok yang diberikan pembelajaran menulis teks narasi (cerita fantasi) dengan menggunakan media audio visual dengan pendekatan penemuan (discovery learning) atau kelompok eksperimen dan kelompok yang diberikan pembelajaran menulis teks narasi (cerita fantasi) tanpa media audio visual dengan pendekatan penemuan( discovery learning) atau kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil penelitian,yaitu:(1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks narasi siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberi perlakuan penggunaan media audio visual dengan pendekatan (discovery learning) dengan nilai signifikan sebesar 0.000 4,375 (lihat lampiran hlm.112), (2) terdapat perbedaan keterampilan menulis teks narasi siswa kelompok kontrol sebelum dan setelah diberikan tanpa media audio visual dengan pendekatan penemuan (discovery learning) dengan nilai signifikan sebesar 0.000 ˂ b b 3,756 (lihat lampiran hlm 115),(3) terdapat perbedaan keterampilan menulis teks narasi siswa kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media audio visual dengan pendekatan (discovery learning) dengan kelompok control yang diberikan tanpa menggunakan media audio visual dengan pendekatan penemuan dengan nilai signifikan sebesar (lihat lampiran hlm 116).Berdasarkan hasil uji hipotesis di atas,dapat disimpulkan bahwa,media audio visual dengan pendekatan (discovery learning) dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi(cerita fantasi). Kata kunci: media audio visual, pendekatan penemuan (discovery learning), keterampilan menulis, teks narasi (cerita fantasi).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:31
Last Modified: 10 Jun 2021 02:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4093

Actions (login required)

View Item View Item