PENGARUH SIKAP BERBAHASA DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KOTA PADANG

RASMAYENI, RASMAYENI and Yetty, Morelent and Ineng, Naini (2021) PENGARUH SIKAP BERBAHASA DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KOTA PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (16kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (271kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (115kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh sikap berbahasa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Padang, (2) pengaruh motivasi belajar bahasa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Padang, serta (3) pengaruh simultan sikap berbahasa dan motivasi belajar bahasa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Padang. Sikap berbahasa dianalisis dengan teori yang dikemukakan oleh Suhardi (2013) dan Abdul Chaer bersama Leoni Agustina (2014) sedangkan untuk motivasi belajar digunakan teori Hamzah (2013). Penelitian yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 3 Kota Padang ini merupakan jenis penelitian expost-facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 228 orang siswa jurusan MIPA dan sampelnya ditentukan sebanyak 75 orang. Data diperoleh dengan menggunakan angket skala likert yang telah diuji kesahihan dan keandalannya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 19. Setelah dilakukan penelitian, hasilnya menunjukan bahwa: (1) prestasi belajar bahasa Indonesia pada kategori tuntas sebanyak 30 siswa (40%) dan kategori yang belum tuntas sebanyak 45 siswa (60%). (2) pada sikap berbahasa terdapat kategori sangat baik sebesar 20 (26,667%), kategori baik sebesar 9 (12%), kategori kurang sebesar 40 (53,333%), dan kategori sangat kurang sebesar 6 (8%). Dapat disimpulkan bahwa variable sikap berbahasa termasuk dalam kategori kurang sebesar 53,333%. (3) pada motivasi belajar bahasa terdapat kategori sangat tinggi sebesar 15 (20%), kategori tinggi sebesar 20 (26,667%), kategori rendah sebesar 36 (48%), dan kategori sangat rendah sebesar 4 (5,333%). Dapat disimpulkan bahwa variable motivasi belajar bahasa Indonesia termasuk dalam kategori rendah sebesar 48%. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda, dengan ketentuan jika sig < 0,05, maka hipotesis diterima, sebaliknya jika sig > 0,05, maka hipotesis di tolak. Setelah dilakukan uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap berbahasa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Padang (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar bahasa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Padang, serta (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap berbahasa dan motivasi belajar bahasa secara simultan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Padang. Sumbangan efektif variable sikap berbahasa sebesar 37,15% dan motivasi belajar bahasa sebesar 17,85% terhadap peningkatan prestasi belajar siswa sedangkan sumbangan efektif total sebesar 55,00% yang berarti secara bersama-sama variable sikap berbahasa dan motivasi belajar bahasa memberikan sumbangan efektif sebesar 55,00% terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Padang, sisanya 45,00% diberikan oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap berbahasa dan motivasi belajar bahasa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci: pengaruh, sikap berbahasa, motivasi belajar bahasa, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:35
Last Modified: 10 Jun 2021 02:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item