Intan, Sari Rahmadhani Putri and Ira, Rahmayuni Jusar and Daswarman, Daswarman (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SD N 03 SIMPANG RUMBIO KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 Cover.pdf Download (33kB) |
|
Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 Abstrak.pdf Download (25kB) |
|
Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 BAB I.pdf Download (46kB) |
|
Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (935kB) |
|
Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V SD yang valid, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan 4-D, namun peneliti hanya sampai pada tahap 3-D. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicoba secara terbatas di kelas V-B SDN 03 Simpang Rumbio untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 85,77%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 87%, juga dikategorikan praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 87,99%. Kata kunci: Modul Matematika, Kontekstual
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ahmad Elzuhri |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 07:17 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 07:17 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/430 |
Actions (login required)
View Item |