PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SD N 03 SIMPANG RUMBIO KOTA SOLOK

Intan, Sari Rahmadhani Putri and Ira, Rahmayuni Jusar and Daswarman, Daswarman (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SD N 03 SIMPANG RUMBIO KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 Cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 Abstrak.pdf

Download (25kB)
[img] Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 BAB I.pdf

Download (46kB)
[img] Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
24 INTAN SARI RAHMADHANI PUTRI 1510013411055 Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V SD yang valid, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan 4-D, namun peneliti hanya sampai pada tahap 3-D. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicoba secara terbatas di kelas V-B SDN 03 Simpang Rumbio untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 85,77%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 87%, juga dikategorikan praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 87,99%. Kata kunci: Modul Matematika, Kontekstual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:17
Last Modified: 16 Jul 2020 07:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item