Dita, Andika Saputra and Hendri, Warman and Eva, Rita (2021) ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE IRI(INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) DAN METODE BINA MARGA DAN JENIS PENANGANANNYA (STUDI KASUS RUAS JALAN SIMPANG MUARO KALABAN-MUARO BODI STA 88+000 SAMPAI STA 98+000. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
133. DITA ANDIKA SAPUTRA 1410015211145 COVER.pdf Download (103kB) |
|
Text
133. DITA ANDIKA SAPUTRA 1410015211145 ABSTRAK.pdf Download (128kB) |
|
Text
133. DITA ANDIKA SAPUTRA 1410015211145 KATA PENGANTAR & DAFTAR ISI.pdf Download (391kB) |
|
Text
133. DITA ANDIKA SAPUTRA 1410015211145 BAB I.pdf Download (160kB) |
|
Text
133. DITA ANDIKA SAPUTRA 1410015211145 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
133. DITA ANDIKA SAPUTRA 1410015211145 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text
133. DITA ANDIKA SAPUTRA 1410015211145 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text
133. DITA ANDIKA SAPUTRA 1410015211145 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
Text
133. DITA ANDIKA SAPUTRA 1410015211145 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text
133. DITA ANDIKA SAPUTRA 1410015211145 LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE IRI(INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) DAN METODE BINA MARGA DAN JENIS PENANGANANNYA (STUDI KASUS RUAS JALAN SIMPANG MUARO KALABAN-MUARO BODI STA 88+000 SAMPAI STA 98+000 Dita Andika Saputra, Hendri Warman, Eva Rita Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, UniversitasBunghatta Padang E-mail : ditaandikast@gmail.com,WarmanHendri@yahoo.com , carlovana113@ymail.com Abstrak Saat ini Jalan lintas Sumatera di Kabupaten Sijunjung yang menghubungan antara Kota madya Sawahlunto dan Kabupaten Darmasraya memiliki kondisi yang buruk dan kritis. Di badan jalan terdapat banyak lubang dan genangan air yang membuat pengendara harus lebih berhati-hati saat melintasi jalan tersebut, karena banyaknya jalan yang rusak sehingga sering terjadi kecelakaan. Untuk dapat mengidentifikasi jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada perkerasan jalan, menentukan nilai kondisi lapis perkerasan atau persentase tingkat kerusakan yang terjadi serta jenis perbaikan yang tepat pada perkerasan jalan, maka dilakukan penelitian pada permukaan jalan tersebut. Penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu metode IRI (International Roughness Index) dan metode Bina Marga, dimana pengambilan data dilakukan dengan mengukur kerusakan jalan persegmennya (1km) untuk mengetahui kerusakan apa saja yang ada tiap segmen jalan tersebut. Dari hasil penelitian didapatkan kerusakan jalan pada km 88+000-98+000 adalah lubang,retak buaya,tambalan,retak memanjang,dan amblas. Nilai IRI dengan kondisi jalan didapatkan sebagai berikut: Pada km 88+000-89+000 yaitu 2,5(baik), pada km 89+000-90+000 yaitu 3,5(baik), km 90+000-91+000 yaitu 5(sedang), km 91+000-92+000 yaitu 2(baik), km 92+000- 93+000 yaitu 5,5(sedang), km 93+000-94+000 yaitu 8,8(rusak ringan), km 94+000- 95+000 yaitu 2,6(baik), km 95+000-96+000 yaitu 9,3(rusak ringan), km 96+000- 97+000 yaitu 13(rusak berat), km 97+000-98+000 yaitu 5,2(sedang). Untuk metode Bina Marga didapat nilai prioritas jalannya 6. Kata kunci: Nilai IRI, Bina Marga, kondisi kerusakan, Nilai Prioritas.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sri Erlita |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 04:28 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 04:28 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4344 |
Actions (login required)
View Item |