PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BERBASIS INKUIRI BAGI SISWA KELAS V SDN 02 SUNGAI AUR

Alwa, Mhd Tanzi Al-alang and Muslim, Tawakal and M., Tamrin (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BERBASIS INKUIRI BAGI SISWA KELAS V SDN 02 SUNGAI AUR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
21 ALWA MHD TANZI AL-ALANG 1510013411042 Cover.pdf

Download (42kB)
[img] Text
21 ALWA MHD TANZI AL-ALANG 1510013411042 Abstrak.pdf

Download (25kB)
[img] Text
21 ALWA MHD TANZI AL-ALANG 1510013411042 BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
21 ALWA MHD TANZI AL-ALANG 1510013411042 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
21 ALWA MHD TANZI AL-ALANG 1510013411042 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
21 ALWA MHD TANZI AL-ALANG 1510013411042 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
21 ALWA MHD TANZI AL-ALANG 1510013411042 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
21 ALWA MHD TANZI AL-ALANG 1510013411042 Daftar Pustaka.pdf

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) berbasis inkuiri pada materi hak, kewajiban dan tanggung jawab bagi siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Resesarch and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran PKn berbasis inkuiri ini dikembangkan dengan menggunakan 4-D, namun tahap desseminate tidak dilakukan. Penelitian dilakukan pada semester ganjil pada tahun ajaran 2019/2020. pengumpulan data dilakukan dengan validasi uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas V SDN 02 Sungai Aur untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran PKn berbasis inkuiri pada materi hak, kewajiban dan tanggung jawab bagi siswa kelas V SD ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 91,90%. modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 91,67%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 97,18%. Kata Kunci : Modul Berbasis Inkuiri, Valid dan Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:35
Last Modified: 16 Jul 2020 07:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item