ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 PADANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBENTUK CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Rahma Yuza, Rahma (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 PADANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBENTUK CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-Daftar Isi.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB Pendahuluan.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB Kesimpulan saran.pdf

Download (150kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahma Yuza: Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Cerita Berdasarkan Prosedur Newman Latar belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah karena kemampuan pemecahan masalah siswa tergolong kurang baik, hal ini terlihat dari masih banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah kontekstual seperti soal cerita sehingga membutuhkan beberapa penanganan untuk mengatasi kesalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman di SMP Negeri 25 Padang. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, adapun fenomena yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan serta faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Newman. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes uraian matematika bentuk cerita dengan pokok bahasan lingkaran dan wawancara. Subjek penelitian diambil 5 siswa dari 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan berdasarkan prosedur Newman kemudian dilakukan wawancara untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan tes uraian matematika bentuk cerita dengan pokok bahasan lingkaran adalah: 1) memahami masalah, yang meliputi siswa tidak menuliskan apa yang diketahui, tidak menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal, dan tidak lengkap menuliskan apa yang diketahui dari soal. Jenis kesalahan 2 ini memiliki presentase paling besar pada soal nomor 3 dan 4 yaitu 43,48%. 2) transformasi masalah, yang meliputi tidak menuliskan rumus apa yang harus digunakan ketika menyelesaikan soal, siswa tidak lengkap menuliskan rumus, salah dalam menuliskan rumus, tidak membuat langkah selanjutnya, dan salah dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian. Jenis kesalahan 3 ini memiliki presentase paling besar pada soal nomor 4 yaitu 40,58%. 3) keterampilan proses, yang meliputi siswa melakukan kesalahan dalam mengolah angka serta salah dalam sistematika penyelesaian soal. Jenis kesalahan 4 ini memiliki presentase paling besar pada soal nomor 3 yaitu 52,17%. 4) penulisan jawaban akhir, yang meliputi siswa tidak menuliskan jawaban akhir, salah dalam menuliskan jawaban akhir, tidak menuliskan kesimpulan, dan tidak menuliskan satuan pada jawaban akhir. Jenis kesalahan 5 ini memiliki presentase paling besar pada soal nomor 3 yaitu 59,42%. Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah terburu-buru atau tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, siswa lupa menuliskan apa yang dibutuhkan dan ditanyakan dari soal, tidak fokus ketika menyelesaikan soal, siswa jarang mengerjakan contoh-contoh soal terkait materi lingkaran serta siswa tidak terbiasa dalam menuliskan penyelesaian soal secara sistematis. Kata Kunci: kesalahan, soal cerita, prosedur Newman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:31
Last Modified: 24 Aug 2021 03:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4705

Actions (login required)

View Item View Item