PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS III SD NEGERI 6 MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS

Ahmad, Afdhal and Yusrizal, Yusrizal and Muhammad, Sahnan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS III SD NEGERI 6 MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
13 AHMAD AFDHAL 1510013411016 Cover.pdf

Download (97kB)
[img] Text
13 AHMAD AFDHAL 1510013411016 Abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text
13 AHMAD AFDHAL 1510013411016 BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
13 AHMAD AFDHAL 1510013411016 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
13 AHMAD AFDHAL 1510013411016 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
13 AHMAD AFDHAL 1510013411016 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
13 AHMAD AFDHAL 1510013411016 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
13 AHMAD AFDHAL 1510013411016 Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas III SD Negeri 6 Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain ”posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 6 Megang Sakti pada tahun ajaran 2019/2020 dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas III.A yang berjumlah 21 siswa dan siswa kelas III.B yang berjumlah 20 siswa SDN 6 Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dimana hasil belajar kelas eksperimen (rata-rata 75,48), kelas kontrol (rata-rata 67,25). Secara uji statistik harga thitung> t(0,05;39) (5,44 > 2,022) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III SDN 6 Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Dengan demikian model pembelajaran Numbered Head Together diharapkan supaya dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Numbered Head Together Hasil Belajar, PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 21 Jul 2020 06:23
Last Modified: 21 Jul 2020 06:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item