PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMA NEGERI 9 PADANG

Rilung, Dira and Pebriyenni, Pebriyenni (2021) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMA NEGERI 9 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN,ABSTRAK DAN DAFTAR ISI RILUNG DIRA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN RILUNG DIRA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN RILUNG DIRA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN) RILUNG DIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam pembentukkan karakter disiplin siswa SMAN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuisoner, wawancara serta dokumentasi kepada informan yang dianggap berpotensi untuk memberikan informasi tentang bagaimana pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Teknik analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini 282 orang siswa SMA Negeri 9 Padang dengan sampel 15% dari populasi yaitu 42 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam membentuk karakter disiplin siswa SMAN 9 Padang yang terlihat dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan bbantuan SPSS versi 20 dan menunjukkan Thitung > Ttabel, dengan nilai Thitung sebesar 11,484 dan nilai Ttabel sebesar 1,684 pada taraf nyata signifikan 0,05. Nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,363 dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,131 hal ini berarti bahwa pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam membentuk karakter disiplin siswa SMA Negeri 9 Padang sebesar 13,1 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PPKn berpengaruh dalam membentuk karakter disiplin siswa SMAN 9 Padang. Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Karakter Disiplin Siswa, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 00:46
Last Modified: 27 Aug 2021 00:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5003

Actions (login required)

View Item View Item