PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK BAGI SISWA KELAS IV SDN 31 KAMPUNG TANJUNG KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Muhamad, Ikhbal and Wirnita, Eska (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK BAGI SISWA KELAS IV SDN 31 KAMPUNG TANJUNG KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
DOK 1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
DOK 2.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DOK 3.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DOK 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK SISWA KELAS IV SDN 31 KAMPUNG TANJUNG KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN Muhamad Ikhbal1, Wirnita Eska2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : muhamadikhbal427@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan dalam pemnbelajaran yaitu kurangnya fasilitas belajar seperti tidak adanya LKS dan modul, bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku paket sehingga siswa sering merasa bosan, dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Tujuan penelitian mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik pada materi puisi untuk siswa kelas IV SDN 31 Kampung Tanjung Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Trianto dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan development (pengembangan), karena keterbatasan waktu maka:1) penelitian hanya sampai pada fase development (3D), 2) Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, 3) uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas IV SD, dan 4) uji efektivitas dilakukan oleh siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,19) dilihat dari aspek kelayakan isi (91,42), aspek penyajian dan tampilan (86,15), dan aspek bahasa (96). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan efektif (100%) karena hasil tes siswa lebih dari KKM yaitu 100%.Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase (96%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (100%).Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik untuk siswa kelas kelas IV SDN 31 Kampung Tanjung dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci : modul, Pengembangan, saintifik, pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Aug 2021 08:15
Last Modified: 26 Aug 2021 08:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item View Item