Pengembangan Media Pop Up Book Volum Bangun Ruang Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VI SDN 01 Pauh Kurai Taji Pariaman

Mutia, Rahmi Fitri and Zulfa, Amrina (2021) Pengembangan Media Pop Up Book Volum Bangun Ruang Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VI SDN 01 Pauh Kurai Taji Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL MUTIA RAHMI FITRI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN MUTIA RAHMI FITRI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN MUTIA RAHMI FITRI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI MUTIA RAHMI FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Pop Up Book volum bangun ruang pada pembelajaran matematika berbasis masalah pada siswa kelas VI SDN 01 Pauh Kurai Taji Pariaman yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate tetapi pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, media divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Pada proses praktikalitas, media diujicobakan kepada 26 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran Pop Up Book volum bangun ruang pada pembelajaran matematika berbasis masalah pada siswa kelas VI pada validasi materi memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 75%, dan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 82,69% pada validasi media. Media Pop Up Book yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase 90,9% dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan persentase 89,2%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop Up Book volum bangun ruang pada pembelajaran matematika berbasis masalah pada siswa kelas VI SDN 01 Pauh Kurai Taji Pariaman valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika. Dalam hasil penelitian ini di harapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada saat di kelas serta dapat mengetahui bagaimana cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas. Kata Kunci: media Pop Up Book, pembelajaran matematika, berbasis masalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:10
Last Modified: 26 Aug 2021 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item