PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TEMA 6 SISWA KELAS IV SDN 06 EMPANG TERAS

Yola, oktarita and rona, taula Sari (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TEMA 6 SISWA KELAS IV SDN 06 EMPANG TERAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i. Cover, halaman pengesahan ,persetujuan,abstrak,daftar isi-dikonversi (1).pdf

Download (194kB)
[img] Text
ii. Bab Pendahuluan-dikonversi.pdf

Download (121kB)
[img] Text
iii Bab Kesimpulan dan Saran-dikonversi.pdf

Download (36kB)
[img] Text
iv. Fullteks Skiripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis probem based learning (PBL) yang valid dan praktis pada siswa kelas IV SDN 06 Empang Teras sebanyak 13 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4-D yang dibatasi menjadi 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian adalah angket validasi 3 orang validator dan angket praktikalitas respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan sangat valid dari aspek bahasa dengan nilai 3,8, valid dari aspek materi dengan nilai 3,6 dan valid dari aspek desain dengan nilai 3,33 sehingga rata-rata validasi dari 3 orang dosen ahli 3,57 dengan kriteria valid. Uji praktikalitas guru dari segi kemudahan penggunaan diperoleh nilai 76% cukup praktis, manfaat 100% sangat praktis, kesesuaian waktu 100% cukup praktis, sehingga diperoleh rata-rata presentasi praktikalitas oleh guru 92% dengan kategori sangat praktis. Praktikalitas oleh siswa segi peningkatan kreativitas siswa diperoleh nilai 93,26 sangat praktis, minat siswa 93,26% sangat praktis, proses penggunaannya 94,71% sangat praktis, waktu yang tersedia 95,19 % sangat praktis dan evaluasi 90,38% sangat praktis sehingga diperoleh rata-rata persentase praktikalitas siswa 93,36% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis problem based learning (PBL) memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat membangun pengetahuannya dalam proses pembelajaran, peserta didik dapat mengembangkan serta modul ini dapat sebagai bahan belajar dan sumber belajar tambahan. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:59
Last Modified: 26 Aug 2021 06:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5206

Actions (login required)

View Item View Item