PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KOSAKATA BERGAMBAR BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG

Liana, Riski and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KOSAKATA BERGAMBAR BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text
SKRIPSI LIANA RISKI ACC UPLOAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Kartu Kosakata Bergambar Berbasis Lingkungan Hidup pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 16 Surau Gadang Padang yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2013:18-19) tentang pembelajaran, teori Khair (2018:84) tentang Bahasa Indonesia, teori Meirisa (2021 : 1685) tentang membaca, teori Rusman (2012:42) tentang pembelajaran media, teori Nurjannah (2014:290) tentang kartu kosakata, dan teori KBBI tentang lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan( Research and Deveopment) berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Sugiyono (2013), dengan model penelitian yaitu 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Karena keterbatasan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D). Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang di validasi 3 orang dosen dan 2 orang guru dan lembar pratikalitas guru dan siswa kelas I sebanyak 16 orang di SD Negeri 16 Surau Gadang Padang, lembar soal pre-test dan soal post-test uji keefektifan oleh 16 siswa kelas I di SD Negeri 16 Surau Gadang Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (93,14%) baik dari aspek kelayakan isi (91,42%), aspek penyajian dan tampilan (88%), dan aspek bahasa (100%). Media yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata presentase (91,66%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata presentase (92,90%). Hasil Penelitian pada uji efektivitas dikategorikan (100%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Pengembangan Media Kartu Kosakata Bergambar Berbasis Lingkungan Hidup pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I SD Negeri 16 Surau Gadang yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas I SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Aug 2021 09:27
Last Modified: 26 Aug 2021 09:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item