PENGEMBANGAN MEDIA TANGGA PINTAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SD NEGERI 38 PADANG XI PUNGGASAN

Yulia, Frestica Afnita Putri and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENGEMBANGAN MEDIA TANGGA PINTAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SD NEGERI 38 PADANG XI PUNGGASAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk menghasilkan media tangga pintar berbasis problem based learning pada kelas 1 SD Negeri 38 Padang XI Punggasan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 pada tema 1 (diriku) subtema 4 (aku istimewa). Pada proses validasi, media tangga pintar divalidasi 2 orang dosen validator, yaitu validator materi dan validator media. Pada proses praktikalitas, media tangga pintar diujicobakan oleh 1 orang guru dan 9 orang siswa kelas 1 SD Negeri 38 Padang XI Punggasan. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi mendapatkan presentase 84,09 % dengan kriteria valid dan validator ahli media mendapatkan presentase 93,18% dengan kriteria sangat valid, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari kedua ahli validator 88,63% dengan kriteria valid. Data untuk pratikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru dengan presentase 95,45% kriteria sangat praktis dan nilai praktikalitas oleh siswa dengan prensentase 94,44% kriteria sangat praktis, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa mendapatkan prensentase 94,94% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media tangga pintar berbasis problem based learning pada materi penjumlahan dan pengurangan telah valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar dan bahan kontkret untuk proses belajar mengajar siswa dan guru. Kata Kunci : pengembangan, media, tangga pintar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 01:51
Last Modified: 27 Aug 2021 01:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5400

Actions (login required)

View Item View Item