PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA BERBASIS INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 54 ANAK AIR KOTA PADANG

Istiqa, Rahma Putri and Enjoni, Enjoni (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA BERBASIS INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 54 ANAK AIR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.pdf

Download (687kB)
[img] Text
ii.pdf

Download (527kB)
[img] Text
iii.pdf

Download (186kB)
[img] Text
SKRIPSI ISTIQA RAHMA PUTRI FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA BERBASIS INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 54 ANAK AIR KOTA PADANG Istiqa Rahma Putri1, Enjoni1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : Istiqaputri23@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran diorama berbasis inkuiri pada mata pelajaran IPA materi komponen ekosistem kelas V SD Negeri 54 Anak Air Kota Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan menggunakan metode 4-D yang telah dimodifikasi menjadi tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian meliputi lembar angket validasi yang divalidasi oleh 2 orang validator dan lembar praktikalitas 1 orang pendidik dan 10 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran diorama berbasis Inkuiri untuk siswa kelas V termasuk kriteria Valid dengan rata-rata (3,31), dari aspek materi (3,63), media (3,00). Media yang dikembangkan termasuk kriteria sangat praktis oleh guru dengan praktikalitas (93,75%) dengan kategori sangat praktis, Sedangkan hasil praktikalitas dari siswa (93,00%) dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama berbasis inkuiri memenuhi kriteria valid dan sangat praktis dan digunakan dalam media pembelajaran IPA khususnya di Kelas V SD. Dari hasil penelitian disarankan media pembelajaran diorama dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Diorama, Inkuiri, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:03
Last Modified: 27 Aug 2021 04:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5474

Actions (login required)

View Item View Item