PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE BERBASIS MODEL TUTORIAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SUBTEMA 1 KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SDN 45 GANTING KABUPATEN PESISIR SELATAN

Putri, Nila Sari and Enjoni, Enjoni (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE BERBASIS MODEL TUTORIAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SUBTEMA 1 KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SDN 45 GANTING KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
iv. FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) bertujuan menghasilkan media pembelajaran Lectora Inspire berbasis Model Tutorial pada pembelajaran IPA kelas V subtema 1 komponen ekosistem untuk SDN 45 Ganting. Model penelitian 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang di validasi 3 orang validator dan lembar pratikalitas pendidik dan peserta didik kelas V sebanyak 18 orang. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran lectora inspire berbasis model tutorial untuk peserta didik kelas V termasuk kriteria sangat valid dengan validitas (89, 72%), dari aspek materi (91, 67%), tampilan (80, 00%) serta bahasa (97, 50%). Media yang dikembangkan termasuk kriteria sangat praktis oleh pendidik dengan pratikalitas (94, 33%), dari aspek kemudahaan penggunaan (90,00%), materi (95,00%), dan manfaat (100,00%), peserta didik dengan praktikalitas (94,71%), dari aspek minat pesera didik (94,79%), proses penggunaannya (94, 44%), kreativitas peserta didik (92,01%), waktu yang tersedia cukup (95,83%), dan aspek evaluasi (96,52%). Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan media pembelajaran lectora inspire berbasis model tutorial memenuhi kriteria sangat valid dan praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPA. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:26
Last Modified: 27 Aug 2021 02:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5580

Actions (login required)

View Item View Item