PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA KELAS V SD

Suci Bulan Sari, Suci and Rieke, Alyusfitri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA KELAS V SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam mengerjakan soal latihan dan minimnya media pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan ular tangga pada materi operasi hitung campuran pada kelas V SD di SD Negeri 01 Payakumbuh. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Reserch and Development (R&D). Prosedur pengembangan menggunakan Prosedur pengembangan menggunakan 10 tahap pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall dalam Sugiyono (2009:409) yang dimodifikasi menjadi 6 tahap pengembangan. Tahap yang dilakukan potensi dan masalah, analisis kurikulum, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan uji coba produk.Validator angket validitas dilakukan oleh 2 orang dosen Universitas Bung Hatta serta praktikalitas dilakukan oleh guru dan 17 orang siswa kelas V SD Negeri 01 Payakumbuh. Validitas meliputi dua aspek yaitu aspek materi dan aspek media. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, media pembelajaran ular tangga yang dikembangkan memperoleh presentase 96,7% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas guru memperoleh presentase 87,3% dengan kriteria praktis dan siswa dengan presentase 85,6% dengan kriteria praktis. Hal ini menunjukkan media permbelajaran ular tangga pada materi operasi hitung campuran pada kelas V SD Negeri 01 Payakumbuh sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada kelas V SD. Media permbelajaran ular tangga diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik dan mampu meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:17
Last Modified: 27 Aug 2021 07:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5598

Actions (login required)

View Item View Item