PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 62/III MUKAI MUDIK KABUPATEN KERINCI

Chindy, Yuginta Wanti and Erman, Har and Siska, Angreni (2020) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 62/III MUKAI MUDIK KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
62 CHINDY YUGINTA WANTI 1610013411117 cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
62 CHINDY YUGINTA WANTI 1610013411117 Abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text
62 CHINDY YUGINTA WANTI 1610013411117 BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
62 CHINDY YUGINTA WANTI 1610013411117 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
62 CHINDY YUGINTA WANTI 1610013411117 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
62 CHINDY YUGINTA WANTI 1610013411117 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
62 CHINDY YUGINTA WANTI 1610013411117 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
62 CHINDY YUGINTA WANTI 1610013411117 daftar pustaka.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 62/III Mukai Mudik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDNegeri62/III Mukai Mudik pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 21 orang siswa dan siswa kelas V-B sebanyak 14 orang siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata (85,72) dan kelas kontrol nilai rata-rata (61,2). Secara uji statistik harga t-hitung> t-tabel (6,53>2,0462) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di kelas V SDNegeri62/IIIMukai Mudik. Sehingga model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siawa kelas V. Kata kunci : Project Based Learning, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:51
Last Modified: 26 Jun 2020 04:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item