PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 54 ANAK AIR KOTA PADANG

Mita, Putri Ani and Siska, Angreni (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 54 ANAK AIR KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i.pdf

Download (446kB)
[img] Text
ii.pdf

Download (293kB)
[img] Text
iii.pdf

Download (187kB)
[img] Text
iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN IPA KEALS V DI SDN 54 ANAK AIR KOTA PADANG Mita Putri Ani1, Siska Angreni1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email :mitaputriani1604@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran terkhususnya media pembelajaran yang berbasis teknologi. Media pembelajaran interaktif didukung oleh kombinasi berbagai media yang memungkinkan pengguna untuk melakukan navigasi dan berinteraksi sehingga meningkatkan semangat belajar, motivasi, dan membuat siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V SDN 54 Anak Air yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan model pengembangannya adalah model pengembangan 4D. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development). Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang divalidasi oleh 3 orang dosen ahli dan lembar praktikalitas respon guru dan siswa kelas V SD Negeri 54 Anak Air sebanyak 11 orang. Praktikalitas dilakukan setelah media divalidasi dan layak untuk diuji cobakan dengan tujuan mengetahui tingkat kepraktikalitasan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis lectora Inspire pada materi ekosistem yang telah dilakukan, dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis lectora yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata 93% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata 93%. Hal ini menunjukkan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis lectora Inspire pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN 54 Anak Air Kota Padang sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya materi ekosistem untuk siswa kelas V SD. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, IPA, Lectora Inspire.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 09:27
Last Modified: 27 Aug 2021 09:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5743

Actions (login required)

View Item View Item