PENGEMBANGAN E-MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS ANIMASI PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK KELAS IV SDN 04 LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT

JUNIARTI, JUNIARTI and MARSIS, MARSIS (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS ANIMASI PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK KELAS IV SDN 04 LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii.pdf

Download (330kB)
[img] Text
iii.pdf

Download (195kB)
[img] Text
iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti tidak adanya media pembelajaran, bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku paket sehingga siswa sering merasa bosan, dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Bahasa Indonesia berbasis animasi pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas IV SDN 04 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Agar siswa termotivasi untuk lebih semangat dalam menyimak, dan menulis. E-Modul berbasis animasi ini menggunakan teori dari Handani. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Trianto dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan development (pengembangan), karena keterbatasan waktu dan kemampuan maka: (1) penelitian hanya sampai pada fase development (3D), (2) Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, (3) uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas IV SD, dan (4) uji efektivitas dilakukan oleh siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,15) dilihat dari aspek kelayakan isi (90), aspek penyajian dan tampilan (88,46), dan aspek bahasa (95). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan efektif (100%) karena hasil tes siswa lebih dari KKM yaitu 75%. E-modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase (96,87%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (92,38%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis animasi untuk siswa kelas IV SDN 04 Lembah Melintang dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:17
Last Modified: 30 Aug 2021 02:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5856

Actions (login required)

View Item View Item