PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KOOPERATIF MELALUI KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATERI 5W+1H SISWA KELAS V SDN 04 LUNANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Gusti, Ranni Tri Novela and Wirnita, Eska (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KOOPERATIF MELALUI KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATERI 5W+1H SISWA KELAS V SDN 04 LUNANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i (pertama).pdf

Download (2MB)
[img] Text
ii (kedua).pdf

Download (120kB)
[img] Text
iii (ketiga).pdf

Download (71kB)
[img] Text
Bismillah skripsi fiks ranni 1 tetap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kooperatif tipe Jigsaw melalui keterampilan membaca siswa pada materi 5W+1H dengan tampilan menarik sehingga menumbuhkan semagat belajar siswa untuk lebih aktif di kelas dalam proses belajar mengajar, dan siswa mampu meningkatkan keterampilan membaca serta percaya diri untuk tampil di depan kelas. Penelitian dilakukan di SDN 04 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan pada kelas VA yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti belum adanya modul pembelajaran yang menarik,, bahan ajar yang dapat digunakan hanya berupa buku cetak dan LKS sehingga siswa cenderung cepat bosan dalam proses pembelajaran dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional.Teori yang digunakan adalah pembelajaran sesuai dengan pendapat Sri Anitah W. (2009), teori pendekatan kooperatif pendapat Ramli Abdullah (2017), dan teori tentang modul dikemukakan oleh Daryanto (2013) dan Susanti R(2017).Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Trianto dengan model prosedur 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). (1) penelitian hanya sampai pada fase development (3D), (2) Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, (3) Uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas V SD, dan (4) uji efektivitas dilakukan oleh siswa kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata (89,70%), rata-rata validitas ini dapat dilihat dari penilaian setiap validator ahli, seperti aspek kelayakan isi yang telah diberikan dosen ahli (92,5%), aspek penyajian dan tampilan yang telah dinilai oleh dosen ahli (84,61%), dan aspek bahasa yang telah dinilai oleh dosen ahli (92%). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan sangat efektif dengan persentase (100%) yang dikarenakan hasil dari nilai tes siswa yang telah didapatkan melebihi dari KKM yaitu 75%. Modul yang telah dikembangkan dan dihasilkan dikategorikan praktis oleh guru kelas VA dengan mendapatkan nilai rata-rata persentase (88,33%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa kelas VA dengan rata-rata persentase (93,83%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kooperatif tipe Jigsaw untuk siswa kelas VA SDN 04 Lunang dinyatakan valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:58
Last Modified: 30 Aug 2021 02:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5965

Actions (login required)

View Item View Item