PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VIII DI SMP 18 PADANG

Aulia Rahman Pangestu, Rahman (2021) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VIII DI SMP 18 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover,Surat pengesahan, abstrak,kata penghantar, daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB V Penutup.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Skripsi Aulia Rahman P FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang nya minat siswa dalam belajar matematika ada beberapa yang mempengaruhi minat siswa diantaranya guru masih menggunakan media/bahan konvensional seperti : penggaris, spidol, modul cetak dan lain-lainnya,siswa takut jika guru bertanya dan menyuruh siswa untuk mengerjakan di papan tulis serta siswa takut untuk membuat kesimpulan. Berdasarkan latar belakang diatas maka diperlukan upaya untuk membantu peserta didik dalam memahami proses pembelajaran dengan menggunakan media yang sedang berkembang, seperti bahan ajar Modul Digital atau bisa disebut juga dengan E-Modul. Agar penerapan e-modul berjalan dengan baik diperlukan faktor pendukung lainnya seperti pendekatan pendidikan matematika realistik supaya siswa lebih memahami tentang materi yang dipelajari karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, melatih peserta didik untuk terbiasa berpikir dan mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul digital pada pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik yang memenuhi Kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi Menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada KD 3.9 dan 4.9. Modul digital divalidasi oleh 2 orang dosen Prodi Pendidikan Matematika dan 1 guru Matematika dan praktikalitas oleh 21 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Berdasarkan hasil lembar validasi yang dilakukan oleh validator diperoleh nilai rata-rata 81,25% dengan kriteria Valid. Sedangkan data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas dengan rata-rata 88,875% dengan kriteria praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul digital pada pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik telah valid dan praktis untuk digunakan. Dan diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang penggunaan bahan ajar modul digital dan sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:01
Last Modified: 30 Aug 2021 04:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5993

Actions (login required)

View Item View Item