ANALISIS FAKTOR KESULITAN YANG DIALAMI SISWA KELAS XI IPA SMAN 14 PADANG DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Hafimuddin, Al-Fajrin and Lisa, Deswati (2021) ANALISIS FAKTOR KESULITAN YANG DIALAMI SISWA KELAS XI IPA SMAN 14 PADANG DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-Daftar Isi.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kesulitan yang dialami siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Sampel penelitian ini adalah 50 orang siswa dari masing-masing kelas XI IPA. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan propotional random sampling. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif berupa persentase. Analisis data dengan cara menggunakan persentase dari jawaban siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrument yang digunakan adalah angket berupa pernyataan tertutup menggunakan skala likert dan dokumentasi. Didapatkan hasil bahwa persentase rata-rata faktor internal yang menyebabkan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran biologi sebesar 67,78% dengan kriteria tinggi yang mana persentase dari faktor jasmaniah 62,5%, faktor psikologis 70,68%, faktor kelelahan 70,16%. Dan persentase rata-rata faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran biologi 81,90% dengan kriteria sangat tinggi yang mana persentase dari faktor keluarga 77,5%, faktor sekolah 85,45%, faktor masyarakat 82,75%. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor internal penyebab kesulitan belajar siswa pada saat pembelajaran daring yang lebih besar adalah faktor psikologis dengan persentase 70,67% sedangkan dari segi faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa pada saat pembelajaran daring yang lebih besar adalah faktor sekolah dengan persentase 85,45%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:10
Last Modified: 30 Aug 2021 04:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5997

Actions (login required)

View Item View Item