PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI PENGUKURAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 126/VI MUARA JERNIH II

Habib, Setiawan and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI PENGUKURAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 126/VI MUARA JERNIH II. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, ABSTRAK,DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI HABIB SETIAWAN FULL TEKS .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT BERBASIS MODEL PROBLEM BASED-LEARNING MATERI PENGUKURAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 126/VI MUARA JERNIH II Habib Setiawan1, Ira Rahmayuni Jusar 1, 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : HabibSetiawan37@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Microsoft Power Point Berbasis Model Problem Based-Learning dalam pembelajaran Matematika pada materi Pengukuran untuk siswa kelas IV SDN 126/VI Muara Jernih II. Penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian tipe 4-D yaitu define, design, develop, and disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop yakni pada tahap praktikalitas. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang di validasi 3 orang validator dan lembar praktikalitas guru dan siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Microsoft Power Point yang termasuk kriteria sangat valid dengan validitas (90,6%), dari aspek materi (93,1%), tampilan (82,1%) serta bahasa (96,8%). Media yang dikembangkan termasuk kriteria sangat praktis oleh guru dan siswa dengan praktikalitas guru (90%), dari aspek penggunaan (95%) dan aspek pelaksanaan (85%). Praktikalitas siswa (96,8%) dari aspek pembelajaran (98.7%) dan aspek media (95%) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran Microsoft Power Point memenuhi kriteria sangat valid dan praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran Matematika. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas. Kata kunci : Pengembangan Media, Microsoft Power Point , Problem Based-Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:17
Last Modified: 30 Aug 2021 06:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6013

Actions (login required)

View Item View Item