pengembangan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Direct Instruction pada kelas IV SD Negeri 040/XI koto limau manis kota sungai penuh jambi

Melantika, Putriza and Wirnita, Wirnita (2021) pengembangan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Direct Instruction pada kelas IV SD Negeri 040/XI koto limau manis kota sungai penuh jambi. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i cover,halaman pengesahan,abstrak,daftar isi-dikonversi.pdf

Download (416kB)
[img] Text
ii BAB PENDAHULUAN-dikonversi.pdf

Download (122kB)
[img] Text
iii BAB KESIMPULAN SARAN-dikonversi.pdf

Download (41kB)
[img] Text
iv full teks skripsi melantika putriza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DIRECT INSTRUCTION PADA KELAS IV SD NEGERI 040/XI KOTOLIMAU MANIS KOTA SUNGAI PENUH JAMBI Melantika Putriza1, Wirnita Eska1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : melantikaputriza34@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran bahasa Indonesia dan kurangnya komunikasi siswa dalam menggunakan bahasa indonesia dengan baik. Tujuan penelitian untuk menghasilkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Direct Instruction pada kelas IV SDN 040/XI Koto Limau Manis Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Trianto dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan development (pengembangan), karena keterbatasan kemampuan maka:1) penelitian hanya sampai pada fase development (3D), 2) Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, 3) uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas IV SD, dan 4) uji efektivitas dilakukan oleh siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (90,73) dilihat dari aspek kelayakan isi (92,5), aspek penyajian dan tampilan (87,70), dan aspek bahasa (92). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan efektif (100%) karena hasil tes siswa lebih dari KKM yaitu 75%.Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase (95%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (95,67%).Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Direct Instruction untuk siswa kelas IV SD Negeri 040/XI Koto Limau Manis dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV. Kata kunci : Pengembangan, modul, Direct Instruction, pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:23
Last Modified: 30 Aug 2021 06:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6019

Actions (login required)

View Item View Item