PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI CIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS III SD NEGERI 26 NANGGALO TARUSAN

Madinatul, Ilham and wince, hendri (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI CIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS III SD NEGERI 26 NANGGALO TARUSAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
DOK 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DOK 2.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DOK 3.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DOK 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS III SDN 26 NANGGALO TARUSAN Madinatul Ilhamˡ, Wince Hendri² ˡProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ²Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: madinatulilham1@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup kelas III SDN 26 Nanggalo Tarusan. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian pengembangan(Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, development, and disseminate yang dimodifikasi menjadi 3-D. Instrumen penelitian terdiri dari lembar angket validasi, lembar angket pratikalitas guru, dan lembar pratikalitas siswa. LKPD ini divalidasi oleh 3 orang dosen, tiga orang guru, dan 13 orang siswa kelas III SDN 26 Nanggalo Tarusan. Berdasarkan analisis validitas Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning untuk peserta didik kelas III yang termasuk pada kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata hasil validitas 92,08% dengan aspek dedaktif 93,33%, aspek isi 95,00%, aspek bahasa 88,33%, dan aspek desain 91,66%. Lembar kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning termasuk sangat praktis dengan rata-rata hasil pratikalitas 92,95%, dengan rata-rata pratikalitas Guru 96,83% yang sudah memenuhi kriteria sangat praktis dan rata-rata pratikalitas peserta didik 89,03% yang sudah memenuhi kriteria praktis. Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar dalam pembelajaran khususnya untuk kelas III di Sekolah Dasar. Kata Kunci : LKPD, Pengembangan, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:40
Last Modified: 31 Aug 2021 01:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item View Item