PENGEMBANGAN E-MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI DUA DIMENSI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 13 SURAU GADANG PADANG

Gardika, Maldio and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN E-MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI DUA DIMENSI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 13 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, sehingga kurang termotivasinya siswa dalam belajar. Maka dari itu tujuan penelitian untuk menghasilkan e-media pembelajaran animasi dua dimensi berbasis kontekstual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 13 Surau Gadang Padang yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang digunakan yaitu, teori dari susanto dan hamalik pembelajaran Bahasa Indonesia, nurgiyantoro dan hudson puisi, hendrich dan rusman media pembelajaran, dan nurhadi pendekatan kontekstual. Lalu jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan / Research and Development. Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, disign, development, and disseminate, yang dibatasi hanya sampai tahap development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SDN 13 Surau Gadang Padang dan untuk uji efektivitas merupakan hasil tes evaluasi siswa kelas IV SDN 13 Surau Gadang Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai persentase (96,17%), baik dari aspek materi (97,91%), aspek media atau tampilan (90,6%), dan aspek bahasa (100%). E-Media yang dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan persentase (91,07%). Serta dikategorikan praktis oleh siswa dengan persentase (84,64%). Hasil penelitian pada uji efektivitas mendapatkan persentase (80,95%) dengan kategori efektif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan e-media pembelajaran animasi dua dimensi berbasis kontekstual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 13 Surau Gadang Padang yang dihasilkan sangat valid, praktis dan efektif sehingga sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:45
Last Modified: 31 Aug 2021 01:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6114

Actions (login required)

View Item View Item