PENGEMBANGAN E-MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 13 SURAU GADANG PADANG

Andri, Warisman Putra and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN E-MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 13 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, ABSTRAK DAN DAFTAR IS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti tidak adanya media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran yang mana hanya buku paket menjadi acuan pembelajaran sehingga siswa sering merasa bosan, dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Maka dari itu Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan e-media pembelajaran Microsoft Powerpoint berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 13 surau gadang padang yang valid, praktis dan efektif. Untuk dapat menghasilkan media dipakailah teori dalam pembuatan skripsi ini, teori dari Susanto pembelajaran Bahasa Indonesia, Rizal pantun, Sibarani kearifan lokal, Arsyad media pembelajaran, rosmiati animasi dan Arsyad Microsoft Powerpoint. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D karena keterbatasan waktu penelitian maka hanya sampai tahap development (3D), yaitu define, design, dan development, Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas V SDN Surau Gadang Padang, dan untuk uji efektivitas merupakan hasil tes evaluasi siswa kelas V SDN Surau Gadang Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai persentase (91,81%) dilihat dari aspek materi (95,45%), aspek media dan tampilan (90%), dan aspek bahasa (90%). Media yang dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan persentase (95%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata presentase (91,5%). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan (100%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Microsoft Powerpoint berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa indonesia kelas V SDN 13 Surau Gadang Padang yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:13
Last Modified: 31 Aug 2021 02:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6115

Actions (login required)

View Item View Item