PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH MARDIYAH ISLAMIYAH PANYABUNGAN MANDAILING NATAL

Nur Aminah Rangkuti, Aminah (2021) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH MARDIYAH ISLAMIYAH PANYABUNGAN MANDAILING NATAL. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
HALAMAN COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah karena pemikiran yang berkembang pada siswa SMP tentang matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga menyebabkan siswa merasa cemas saat berinteraksi dengan pelajaran matematika yang disebut dengan kecemasan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang diperoleh dari angket kecemasan matematika dan nilai hasil belajar matematika siswa diperoleh dari nilai penilaian harian semester ganjil matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Mardiyah Islamiyah Panyabungan Mandailing Natal yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi bertanda negatif yaitu r =-0,68 selanjutnya koefisien determinasi diperoleh hanya sebesar 46,24% dan untuk thitung > ttabel dengan thitung = 45,52 dan ttabel = 1,70 dan taraf α=0.05 sehingga H0 ditolak. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika (Mathematics Anxiety) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Madrasah Mardiyah Islamiyah Panyabungan Mandailing Natal. Pada hasil penelitian ini didapatkan bahwa siswa yang memiliki tingkat kecemasan rendah sebanyak 12,5%, siswa yang memiliki tingkat kecemasan sedang sebanyak 71,9%, dan siswa yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi sebanyak 15,6%. Dari hasil penelitian, disarankan agar siswa dapat mengendalikan kecemasan matematika (Mathematics Anxiety) yang dimiliki, seperti selalu berfikiran positif terhadap diri sendiri bahwa kita mampu dan bisa untuk menyelesaikan segala persoalan dalam pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:24
Last Modified: 01 Sep 2021 07:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6245

Actions (login required)

View Item View Item