ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 12 PADANG

Fazlin Atira Syahirah, Atira (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 12 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan untuk dikembangkan di sekolah terutama dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII.2 masih rendah, selama pembelajaran siswa hanya fokus pada rumus akhir yang diberikan guru dan belum terlihat mencoba memahami langkah-langkah dalam memperoleh rumus dan hanya menyalin ke catatan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMPN 12 Padang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dengan kelas sampel yaitu kelas VIII 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa lembaran ulangan harian siswa kemudian melakukan wawancara dengan 8 orang siswa berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis pada masing-masing kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap kelompok yaitu kelompok tinggi kategorinya adalah siswa mampu menguasai 3-4 indikator, kelompok sedang kategorinya adalah siswa mampu menguasi 2 indikator, dan kelompok rendah kategorinya adalah siswa mampu menguasai 1 indikator atau tidak menguasai satupun indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 12 Padang pada kelompok tinggi adalah 19,355%, kelompok sedang adalah 67,742 %, dan kelompok rendah adalah 12,903%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pihak sekolah terutama guru mengenai kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karna itu dengan adanya penelitian ini guru dapat memberikan latihan-latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:45
Last Modified: 01 Sep 2021 07:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6256

Actions (login required)

View Item View Item