ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN 29 PADANG

Elpiyana Nasution, Elpiyana (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN 29 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
HALAMAN COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah karena kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Terlihat pada pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru, dan kurangnya keyakinan siswa terhadap kreativitas yang dimilikinya. Selain itu persentase ketuntasan Ujian Akhir Semester Ganjil 2019/2020 masih banyak yang dibawah nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII SMPN 29 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.9 SMP Negeri 29 Padang yang berjumlah 21 siswa. Dari hasil penelitian ini terdapat empat tingkat berpikir kreatif siswa dengan tingkat 3 sampai tingkat terendah atau tingkat 0. Dari hasil penelitian didapatkan empat tingkat berpikir kreatif siswa. Empat tingkatan berpikir kreatif yaitu kreatif (23,81%), cukup kreatif (42,86%), kurang kreatif (23,81%) dan tidak kreatif (9,52%). Dari hasil penelitian ini didapatkan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa berada pada tingkat cukup kreatif. Hal ini terlihat dari persentase kemampuan berpikir kreatif siswa yang didapatkan dari hasil tes tertulis. Dari hasil penelitian ini, disarankan siswa harus melatih kemampuan berpikir kreatif dengan menyelesaikan soal-soal matematika dengan berbagai macam penyelesaian, sehingga dapat melatih proses berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:42
Last Modified: 01 Sep 2021 08:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6260

Actions (login required)

View Item View Item