PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS INQUIRI PADA MATERI PANTUN KELAS V SD NEGERI 02 SELAGAN RAYA BENGKULU

Sisi, Adellya and Romi, Isnanda (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS INQUIRI PADA MATERI PANTUN KELAS V SD NEGERI 02 SELAGAN RAYA BENGKULU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
DOK SISI 1.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DOC SISI 2.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DOC SISI 3.pdf

Download (90kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP SISI ADELLYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbekangi oleh proses pembelajaran yang menggunakan bahan ajar yang belum mamadai serta banyak terdapat nilai siswa dibawah KKM. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar dan pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan dan mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis pendekatan Inquiri pada kelas V SD Negeri 02 Selagan Raya yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan modul berbasis inquiri hal ini sesuai dengan pendapat Trianto (2013:167), jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Intrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) dan lembar efektifitas (soal pre test dan soal post test). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi dari dosen Pendidikan Bahasa Indonesia, 1 orang ahli desain dari dosen Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan 1 orang ahli bahasa dari dosen Pendidikan Bahasa Indonesia. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru kelas V dan subjek uji coba 23 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul Bahasa Indonesia berbasis pendekatan Inquiri pada kelas V SD N 02 Selagan Raya dihasilkan modul yang dengan kriteria valid dengan penilaian 3,4 dari jumlah ketiga ahli yang memvalidasi, memenuhi kriteria praktis oleh guru dengan persentase 82% dengan beberapa aspek yang dinilai, oleh siswa memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 86,54% dan memenuhi kriteria efektif dengan kategori tinggi dengan persentase 4,4. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan Inquiri pada kelas V SDN 02 Selagan Raya sudah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD N 02 Selagan Raya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 02 Sep 2021 01:27
Last Modified: 02 Sep 2021 01:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6277

Actions (login required)

View Item View Item