Juwita, Indah Sari and Yetty, Morelent and Endut, Ahadiat (2021) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL THE ARCHITECTURE OF LOVE KARYA IKA NATASSA DAN NOVEL PADA SENJA YANG MEMBAWAMU PERGI KARYA BOY CANDRA. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER, LEMBARAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf Download (364kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (47kB) |
|
Text
FULLTEKS TESIS JUWITA INDAH SARI 1910018512005.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel The Architecture of Love karya Ika Natassa dan novel Pada Senja yang Membawamu Pergi karya Boy Candra. Teori yang digunakan adalah teori nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Syamsul Kurniawan (2017) dan Heri Gunawan (2012). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian adalah novel The Architecture of Love karya Ika Natassa dan novel Pada Senja yang Membawamu Pergi karya Boy Candra. Data dalam penelitian ini berupa nilai pendidikan karakter dalam novel. Teknik analisis data yaitu (1) mengidentifikasi data yang telah ditemukan, (2) menginterpretasikan data yang menggambarkan nilai pendidikan karakter, dan (3) merumuskan kesimpulan hasil analisis tentang nilai pendidikan karakter dalam novel The Architecture of Love karya Ika Natassa dan novel Pada Senja yang Membawamu Pergi karya Boy Candra. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data terhadap nilai pendidikan karakter dalam novel The Architecture of Love karya Ika Natassa dan novel Pada Senja yang Membawamu Pergi karya Boy Candra maka diperoleh 346 data. Nilai pendidikan karakter yang dominan dalam novel The Architecture of Love karya Ika Natassa adalah nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu yaitu sebanyak 36 data dari 204 data, karena novel ini menceritakan tentang tokoh utama yang pergi jauh-jauh ke New York untuk mencari inspirasi atau ide menulis setelah beberapa tahun belakangan tidak bisa menulis lagi. Untuk mendapatkan sebuah inspirasi atau ide maka sangat diperlukan rasa keingintahuan yang tinggi agar mendapatkan informasi dari berbagai sumber dan dari informasi-informasi tersebut tokoh utama dapat menghasilkan karya. Pendidikan karakter rasa ingin tahu ditandai dengan sikap atau tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam tentang apa yang terjadi. Namun, ada juga nilai pendidikan karakter yang tidak ditemukan dalam novel ini seperti demokratis, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air. Sedangkan pendidikan karakter yang dominan dalam novel Pada Senja yang Membawamu Pergi karya Boy Candra adalah nilai pendidikan karakter kerja keras yaitu sebanyak 24 dari 142 data, karena novel ini bercerita tentang perjuangan beberapa mahasiswa agar menyelesaikan kuliahnya tepat waktu, serta tokoh utama yang berupaya meraih impiannya dengan membangun rumah bahasa bagi anak-anak di kampung halamannya. Pendidikan karakter kerja keras ditandai dengan berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. Nilai pendidikan karakter yang tidak ditemukan dalam novel ini seperti jujur, kreatif, dan peduli lingkungan. Secara keseluruhan dari kedua novel tersebut, data nilai pendidikan karakter yang sama sekali tidak ditemukan yaitu demokratis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | PINDO Magister |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 05:17 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 05:17 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6435 |
Actions (login required)
View Item |