Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang.

Mutiara, Oktavia Bahrul Kosim and Rita, Desfitri and Yusri, Wahyuni (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
16 MUTIARA OKTAVIA BAHRUL KOSIM 1510013211020 Cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
16 MUTIARA OKTAVIA BAHRUL KOSIM 1510013211020 Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
16 MUTIARA OKTAVIA BAHRUL KOSIM 1510013211020 BAB I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
16 MUTIARA OKTAVIA BAHRUL KOSIM 1510013211020 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
16 MUTIARA OKTAVIA BAHRUL KOSIM 1510013211020 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
16 MUTIARA OKTAVIA BAHRUL KOSIM 1510013211020 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
16 MUTIARA OKTAVIA BAHRUL KOSIM 1510013211020 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
16 MUTIARA OKTAVIA BAHRUL KOSIM 1510013211020 Daftar Pustaka.pdf

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan guru dalam membuat bahan ajar untuk membantu mengembangkan pemikiran dan minat peserta didik untuk belajar matematika. Dalam kurikulum 2013 pada tahap menalar/mengasosiasi membutuhkan kreativitas pemikiran dan penalaran peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Peneliti memilih materi relasi dan fungsi yang sesuai untuk merumuskan ke dalam konsep matematika, dan membangun kemandirian peserta didik. LKPD merupakan salah satu sumber belajar yang digunakan peserta didik. Peserta didik biasanya lebih tertarik menggunakan LKPD dibandingkan buku paket yang tebal. LKPD ini dikembangkan menggunakan basis CTL dengan materi relasi dan fungsi. LKPD berisi beberapa ilustrasi berupa contoh yang dekat dengan kehidupan peserta didik dan didukung dengan gambar. LKPD memiliki latihan soal yang mudah dipahami dan dekat dengan kehidupan peserta didik sehingga peserta didik menggunakan kemampuan dan memenuhi komponen dalam penyusunan LKPD menurut Depdiknas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis CTL yang valid dan praktis untuk kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan LKPD Matematika berbasis CTL untuk kelas VIII SMP Negeri 14 Padang yang validan dan praktis? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Metode pengembangan tang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu : i) fase investigasi awal, ii) fase desain, iii) fase realisasi, iv) fase tes, evaluasi dan, revisi dan v) fase implementasi. Namun penelitian ini peneliti hanya sampai fase ke empat yaitu fase tes, evaluasi dan revisi saja. Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen Matematika. Uji coba kepraktisan dilakukan kepada 32 orang peserta didik pada kelas VIII.8 SMP Negeri 14 Padang. Berdasarkan hasil validasi dari ahli diperoleh hasil bahwa LKPD ini valid dengan rata-rata kevalidan 81,94%. Sedangkan hasil angket kepraktisan peserta didik diperoleh rata-rata 90,48% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis CTL pada materi relasi dan fungsi pada kelas VIII SMP Negeri 14 Padang ini memiliki kriteria valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:13
Last Modified: 28 May 2021 07:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item