ANALISIS BERPIKIR KOMBINATORIAL (COMBINATORIAL THINKING) MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KOMBINATORIKA

RITA, DESFITRI (2022) ANALISIS BERPIKIR KOMBINATORIAL (COMBINATORIAL THINKING) MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KOMBINATORIKA. ANALISIS BERPIKIR KOMBINATORIAL (COMBINATORIAL THINKING) MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KOMBINATORIKA.

[img] Text
laporan penelitian mandiri Des 2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

RINGKASAN Kajian dan evaluasi masalah-masalah yang timbul dalam perkuliahan dari waktu ke waktu perlu dilakukan untuk perbaikan di masa yang akan datang. Salah satu permasalahan dalam perkuliahan adalah tingkat penguasaan mahasiswa terhadap materi yang diajarkan masih rendah, seperti dalam mata kuliah kombinatorika. Mata kuliah kombinatorika adalah mata kuliah yang diajarkan pada semester 7 di lingkungan program studi pendidikan matematika. Pada kurikulum sebelumnya mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan dalam kurikulum program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Bung Hatta. Tetapi seiring dengan perkembangan kurikulum, dan kombinatorika adalah bidang kajian yang memegang peranan besar dalam matematika karena permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari biasanya diselesaikan secara kombinatorial, dan kombinatorika juga merupakan satu dari lima mata kuliah yang selalu diujikan dalam olimpiade matematika perguruan tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional, maka mulai tahun ajaran 2016/2017 mata kuliah kombinatorika menjadi mata kuliah wajib di program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Bung Hatta. Data capaian perkuliahan menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan ini relative rendah. Jika dalam mata kuliah matematika yang lain mayoritas nilai mahasiswa menyebar secara merata antara nilai A sampai C, maka dalam tiga tahun terakhir, nilai kombinatorika mahasiswa lebih didominasi nilai C dan D. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dialami mahasiswa yang mengikuti perkuliahan kombinatorika ditinjau dari proses berpikir kombinatorik, dan melihat bagaimana kesulitan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan kombinatorika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang megikuti perkuliahan kombinatorika semester ganjil tahun 2018/2019 dan semester ganjil 2019/2020. Lima buah soal dengan lima topik yang berbeda diambil dari kertas kerja mahasiswa berupa tugas, kertas kerja UTS dan UAS, lalu dianalisis untuk melihat bagaimana mereka menyelesaikan masalah-masalah kombinatorika ditinjau dari proses berpikir kombinatorika yang meliputi tiga komponen: memformulasikan masalah ke dalam ekspresi matematika (formula), melakukan proses perhitungan (counting process), dan mendapatkan serangaian jawaban (set of outcomes).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:40
Last Modified: 27 Jan 2022 02:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7129

Actions (login required)

View Item View Item