TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA LAUNDRY YANG MEMPUNYAI IZIN DI KOTA PADANG

Silvi Atri, Yeni and Suamperi, Suamperi (2022) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA LAUNDRY YANG MEMPUNYAI IZIN DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universita Bung Hatta.

[img] Text
Cover Silvi Atri Yeni.pdf

Download (615kB)
[img] Text
Abstrak Silvi Atri Yeni.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I Silvi Atri Yeni.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II Silvi Atri Yeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III Silvi Atri Yeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV Silvi Atri Yeni.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Silvi Atri Yeni.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Lampiran Silvi Atri Yeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Pada dasarnya pelaku usaha dan konsumen itu saling membutuhkan dan ketergantungan, Dalam mendirikan suatu usaha salah satunya seperti usaha jasa laundry, yang tidak terlepas dari masalah, termasuk dengan masalah yang berhubungan dengan konsumen. Pelaku usaha wajib bertanggung jawab memberikan ganti rugi sesuai dengan kerugian yang dialami konsumen. Rumusan masalah: (1) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen pengguna jasa laundry di Kota Padang?. (2) Bentuk kerugian konsumen pengguna jasa laundry di Kota Padang?. (3) Upaya penyelesaian pihak laundry terhadap kerugian yang dialami konsumen?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis sosiologis. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Memberikan hak-hak konsumen, seperti hak kompensasi berupa ganti rugi apabila barang yang dihasilkan tidak sesuai dengan perjanjian dan sebagaimana mestinya. (2) Bentuk kerugian seperti rusak, robek, luntur, hilang dan tertukar yang dialami konsumen merupakan akibat dari kesalahan dan kelalaian serta kurangnya kehati-hatian dari pihak laundry. (3) Upaya penggantian adalah dilakukan dengan musyawarah dan negosiasi antara konsumen dengan pelaku usaha untuk menyepakati bentuk pertanggung jawaban dari pelaku usaha seperti memperbaiki barang yang rusak, mengganti dalam sejumlah uang, atau menggantinya sesuai dengan bentuk ketentuan baku yang telah dibuat. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Pelaku Usaha, Laundry

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 08 Mar 2022 07:51
Last Modified: 08 Mar 2022 08:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7648

Actions (login required)

View Item View Item