PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN KELAS II SEKOLAH DASAR

Ummi, Fitri and Rieke, Alyusfitri (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Teks i.pdf

Download (590kB)
[img] Text
Teks ii.pdf

Download (141kB)
[img] Text
teks iii.pdf

Download (229kB)
[img] Text
skripsi ummi fitri (18-009).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning pada materi pecahan untuk siswa kelas II SDN 36 Gunung Sarik yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembanagn (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase validitas 92,3% dengan kriteria sangat valid, dari aspek bahasa bahasa diperoleh presentase kevalidan 95%% dengan kriteria sangat valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 91,6% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning pada materi pecahan memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase kevalidan 92,96%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 20 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 98,3 % dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan presentase kepraktisan 95,4% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Learning Problem Based memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar secara mandiri. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:43
Last Modified: 10 Mar 2022 06:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7831

Actions (login required)

View Item View Item