Peengembangan LKPD Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Pembagian Untuk Siswa Kelas II SDN 29 Rantau Batu Pasar Punggasan

SASKIA, ANGGRAINI NELDI and ARLINA, YUZA (2022) Peengembangan LKPD Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Pembagian Untuk Siswa Kelas II SDN 29 Rantau Batu Pasar Punggasan. Diploma thesis, Universitas Bunghatta.

[img] Text
COVER DAN HALAMAN PENGESAHAN SASKIA..pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN SASKIA PDF .pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (117kB)
[img] Text
ALLHAMDULLILAH SKRIPSI SASKIA (4) PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh belum adanya ketersediaan LKPD pembelajaran matematika berbasis Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pembelajaran matematika berbasis Project Based Learning untuk siswa kelas II SD Negeri 29 Rantau Batu Pasar Punggasan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 pada materi pembagian KD 3. 4. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 86,5%, ahli bahasa 86,3%, dan ahli desain 94,4%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 89,06% dengan kriteria valid. Pada proses praktikalitas, LKPD diujicobakan oleh 1 orang guru dan 17 siswa kelas II SD Negeri 29 Rantau Batu Pasar Punggasan. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 95,4% dan praktiklitas siswa 89%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 92,2% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD pembelajaran matematika berbasis Project Based Learning pada siswa kelas II SD Negeri 29 Rantau Batu Pasar Punggasan valid dan sangat praktis dan dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:06
Last Modified: 11 Mar 2022 02:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7851

Actions (login required)

View Item View Item