PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 09 AIR PACAH KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG

Elva, Mardha Tillah and Wirnita, Eska and Syafni, Gustina Sari (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 09 AIR PACAH KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
5 ELVA MARDHA TILLAH 1310013411157 Cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
5 ELVA MARDHA TILLAH 1310013411157 Abstrak.pdf

Download (69kB)
[img] Text
5 ELVA MARDHA TILLAH 1310013411157 BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
5 ELVA MARDHA TILLAH 1310013411157 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
5 ELVA MARDHA TILLAH 1310013411157 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
5 ELVA MARDHA TILLAH 1310013411157 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
5 ELVA MARDHA TILLAH 1310013411157 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
5 ELVA MARDHA TILLAH 1310013411157 Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Example Non Example terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia tema 6 siswa kelas IV SDN 09 Air Pacah Padang Kecamatan Koto Tangah tahun pelajaran 2018/2019. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi pada penelitian ini semua siswa kelas IV SDN 09 Air Pacah Padang Kecamatan Koto Tangah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampel total sedangkan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan melihat Ujian Bahasa Indonesia, sehingga didapatkan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas Kontrol. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari tes akhir penelitian. Data dalam penelitian ini berupa tes akhir selanjutnya diolah dengan uji t. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung yaitu 3,81. Bila dibandingkan dengan ttabel adalah 2,01 maka thitung > ttabel (α 0,05), dengan demikian hipotesis yang digunakan dalam penelitian diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan model pembelajaranExample Non Example memperlihatkan hasil pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar pada kelas kontrol, dimana hasil belajar ranah kognitif pada kelas eksperimen rata-rata 79,26, kelas kontrol rata-rata 69,44. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasilbelajar Bahasa Indonesia siswa antara penerapan pembelajaran model Example Non Example dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas IV SD N 09 Air Pacah Padang. Oleh sebab itu diharapkan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan model pembelajaran Example Non Example sebagai salah satu model dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di seluruh siswa tingkat sekolah dasar. Kata Kunci :pembelajaran bahasa indonesia, example non example, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:49
Last Modified: 26 Aug 2020 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item