Excha, Alvionita and Yofiza, Media (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN AKIBAT PELAKU USAHA WANPRESTASI DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE LAZADA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
i - COVER.pdf Download (482kB) |
|
Text
ii - Abstrak.pdf Download (84kB) |
|
Text
iii - BAB 1.pdf Download (107kB) |
|
Text
iv - BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
v - BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
vi - BAB 4.pdf Download (86kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
Abstract
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 mengatur tentang Perlindungan Konsumen dan Pasal 1238 KUHPerdata mengatur tentang wanprestasi, wanprestasi juga dapat terjadi diberbagai e-commerce seperti lazada. Rumusan masalah:1) Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi e-commerce lazada?.2)Bagaimanakah tanggung jawab pelaku usaha atas wanprestasi pelaku usaha dalam perdagangan melalui transaksi e-commerce lazada? Jenis penelitian adalah hukum sosiologis, sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan studi dokumen. Data dianalisa secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Perlindungan hukum kepada konsumen oleh lazada menyesuaikan dengan Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dalam pasal 4 UUPK mengenai hak-hak konsumen dan pasal 7 UUPK mengenai kewajiban pelaku usaha 2) Pertanggung jawaban dari lazada kepada konsumen berupa pengembalian dana, penukaran barang dan menggunakan voucher dari lazada. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Wanprestasi, Lazada
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hukum FH |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 02:06 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 02:06 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7879 |
Actions (login required)
View Item |