PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS EXAMPLE NON EXAMPLE MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DAN HEWAN UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 12 API-API KABUPATEN PESISIR SELATAN

Nila, Purnama Sari and rona, taula Sari (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS EXAMPLE NON EXAMPLE MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DAN HEWAN UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 12 API-API KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
I. Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, dan Daftar Isi Nila Purnama Sari (18-065).pdf

Download (1MB)
[img] Text
II. Bab Pendahuluan Nila Purnama Sari (18-065).pdf

Download (536kB)
[img] Text
III. Bab Kesimpulan, Saran, dan Daftar Pustaka Nila Purnama Sari (18-065).pdf

Download (307kB)
[img] Text
IV. Full Teks Skripsi Nila Purnama Sari (1810013411065).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Example Non Example pada kelas V Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid, dan praktis. Jenis penelitian adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yaitu difine, design, develop, dan disseminate. Namun, pada penelitian ini hanya 3-D yaitu difine, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 pada Tema 4 Sehat Itu Penting di Sekolah Dasar Negeri 12 Api-Api pada materi organ peredaran darah pada manusia dan hewan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli materi, bahasa dan desain, lembar praktikalitas yaitu angket respon guru dan siswa. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Example Non Example pada kelas V Sekolah Dasar dihasilkan modul yang memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 3,63 yaitu dari ahli materi memperoleh nilai 3,50, dari ahli bahasa memperoleh nilai 3,72, dan dari ahli desain memproleh nilai 3,67, memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 95,3% yaitu praktikalitas oleh guru memperoleh persentase sebesar 95,4% dan praktikalitas oleh siswa memperoleh presentase sebesar 95,2% . Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Example Non Example V Sekolah Dasar sangat valid, dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar. Sehingga, modul dapat digunakan secara mandiri dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Example Non Example dengan kompetensi dasar dan materi yang lainnya. Kata Kunci : Modul, Pembelajaran IPA, Example Non Example.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:44
Last Modified: 11 Mar 2022 01:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7880

Actions (login required)

View Item View Item