PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI PADANG

Nafiktia, Elsa Febrina and Yuza, Arlina (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
POINT 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
POINT 2.pdf

Download (171kB)
[img] Text
POINT 3.pdf

Download (169kB)
[img] Text
SKRIPSI Elsa UBH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada materi pecahan kelas V yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan pengembangan). Dengan menggunakan model 4-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Validator angket terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi matematika memperoleh 80% dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh 93.75% dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran matematika dengan Pendekatan Saintifik pada materi pecahan untuk siswa kelas V yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 88% dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 22 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 85,83% dengan kriteria praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 96,25% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika dengan Pendekatan Saintifik yang dihasilkan valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 07:15
Last Modified: 11 Mar 2022 07:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7921

Actions (login required)

View Item View Item