PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA KELAS III SDN 27 PANGKA TANJUNG

Nolla, Akhda zulvia and Rieke, Alyusfitri (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA KELAS III SDN 27 PANGKA TANJUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I,.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V,.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Skripsi Nolla Akhda Zulvia. oke (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Matematika berbasis Realistic Mathematic Education pada tema 1 untuk siswa kelas III yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan pengembangan). Dengan menggunakan model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III semester genap tahun ajaran 2021/2022. Validator angket terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi matematika memperoleh 81,25% dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh 100% dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 91,6% dengan kategori sangat valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematic Education pada tema 1 untuk siswa kelas III yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 90,95% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 5 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 85,83% dengan kriteria praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 93,52% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematic Education yang dihasilkan valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:37
Last Modified: 11 Mar 2022 06:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7934

Actions (login required)

View Item View Item