Pengembangan Media Papan Pantun Berbasis Team Quiz Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 4 Subtema 3 Kelas V SDN 16 Surau Gadang Kota Padang

Yuda, Oktri Antomi and Wirnita, Eska (2022) Pengembangan Media Papan Pantun Berbasis Team Quiz Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 4 Subtema 3 Kelas V SDN 16 Surau Gadang Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
teks 1.pdf

Download (118kB)
[img] Text
teks 2.pdf

Download (68kB)
[img] Text
teks 3.pdf

Download (32kB)
[img] Text
teks 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di SDN 16 Surau Gadang Kota Padang pada kelas VB yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti belum menggunakan pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan oleh guru hanya buku tema saja dan metode yang digunakan oleh guru hanya metode ceramah dan tanya jawab, sehingga cenderung membuat siswa cepat bosan dan tidak semnagt dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media papan pantun berbasis team quiz pada kelas V SDN 16 Surau Gadang Kota Padang yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Teori yang digunakan adalah hakikat pembelajaran menurut Susanto (2012) dan Purwanto (2019), teori media pembelajaran menurut Arsyad (2019) dan Suryani, dkk (2020), teori media papan pantun menurut Sinta & Hariani (2015) dan Asen & Marli (2013), teori model pembelajaran menurut Istarani (2015), Hanifah (2016), dan Pritandhari (2017)), teori pantun menurut Nurulanningsih (2017). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang di modifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. pada proses validasi, media papan pantun di validasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator media, validator materi, dan validator bahasa. Pada proses praktikalitas, guru dan siswa mengisi lembar angket untuk melihat kepraktisan media papan pantun yang dikembangkan. Pada proses efektivitas, dilakukan skala terbatas dan skala kecil dengan 2 kali uji coba, yaitu pre-test dan post-test. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil validasi ahli media memperoleh presentase 84% dengan kriteria “Valid”. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase 97% dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh presentase 100% dengan kriteria “Sangat Valid”, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari ketiga ahli validator 94% dengan kriteria “Sangat Valid”. Dari hasil praktikalitas skala terbatas oleh guru kelas VA memperoleh presentase 92% dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan praktikalitas skala kecil oleh guru kelas VB memperoleh presentase 94% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Hasil praktikalitas skala terbatas oleh siswa kelas VA memperoleh presentase 87% dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan praktikalitas skala kecil oleh siswa kelas VB memperoleh presentase 85% dengan kriteria “Praktis”, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa mendapat presentase 89% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Dari hasil efektifitas skala terbatas uji pre-test oleh siswa memperoleh presentase 67% dengan kriteria “Baik” dan uji post-test mendapat presentase 100% dengan kriteria “Baik sekali”. Pada skala kecil uji pre-test memperoleh presentase 62% dengan kriteria “Cukup”, pada uji post-test memperoleh presentase 76% dengan kriteria “Baik”, sehingga rata-rata efektivitas siswa memperoleh presentase 76% dengan kriteria “Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa media papan pantun berbasis team quiz pada pembelajaran bahasa Indonesia tema 4 subtema 3 kelas V SDN 16 Surau Gadang dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan efektif pada proses pembelajaran. Kata Kunci : Media, pengembangan, team quiz, pembelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 15 Mar 2022 01:28
Last Modified: 15 Mar 2022 01:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8115

Actions (login required)

View Item View Item