PENGATURAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGANGKUT TERHADAP PENUMPANG PESAWAT MENURUT KONVENSI MONTREAL 1999 DAN IMPLEMENTASINYA PADA PESAWAT ETHIOPIAN AIRLINES FLIGHT ET302 PADA TAHUN 2019

Dhani, Putra Vadyza and Dwi, Astuti Palupi (2022) PENGATURAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGANGKUT TERHADAP PENUMPANG PESAWAT MENURUT KONVENSI MONTREAL 1999 DAN IMPLEMENTASINYA PADA PESAWAT ETHIOPIAN AIRLINES FLIGHT ET302 PADA TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI FINAL DHANI PV FULL TEXT-1-9.pdf

Download (485kB)
[img] Text
SKRIPSI FINAL DHANI PV FULL TEXT-10-61.pdf

Download (460kB)
[img] Text
SKRIPSI FINAL DHANI PV FULL TEXT-62-68.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DHANI PUTRA VADYZA (18-338) SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Kecelakaan pesawat merupakan kejadian yang tidak dapat diprediksi oleh siapapun. Pesawat Ethiopian Airlines penerbangan ET302 pada tahun 2019 adalah penerbangan internasional terjadwal dari Addis ke Nairobi yang mengangkut dan menewaskan 157 orang. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah mengenai pengaturan tanggung jawab pengangkut yaitu Ethiopian Airlines terhadap korban kecelakaan pesawat dan pemberian ganti rugi kepada para korban oleh pihak pengangkut Ethiopian Airlines menggunakan ketentuan dari Konvensi Montreal 1999. Pihak pengangkut bertanggung jawab atas kerusakan yang diderita dalam kasus kematian atau cedera tubuh penumpang dengan syarat hanya bahwa kecelakaan yang menyebabkan kematian atau cedera terjadi di dalam pesawat berdasarkan Pasal 17 ayat (1) Konvensi Montreal 1999. Kenyataannya kesalahan terletak pada kegagalan sistem Maneuvering Characteristics Augmentation System (mcas), yang dibuat oleh perusahaan Boeing, maka pihak keluarga korban menuntut pihak Boeing atas insiden tersebut. Dalam pembahasan permasalahan ini digunakan metode penelitian normatif yang berarti penulis akan menganalisa bahan hukum primer dan sekunder yang berkaitan dengan pengaturan pertanggungjawaban pengangkut terhadap penumpang pesawat. Berdasarkan dari penelitian, diperoleh hasil bahwa menurut Konvensi Montreal 1999 yang bertanggung jawab atas kecelakaan ET302 adalah pihak pengangkut bertanggung jawab terhadap kerusakan atau kehilangan bagasi kabin apabila hal itu disebabkan oleh kesalahan pegawai atau agen pengangkut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2022 06:19
Last Modified: 15 Mar 2022 06:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8153

Actions (login required)

View Item View Item