Asri, Alamin and Yetty, morelent (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 055/VIII PAGAR PUDING KABUPATEN TEBO JAMBI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
i.COVER_HALAMAN_PENGESAHAN_ATAU_PERSETUJUAN,_ABSTRAK_DAN_DAFTAR_ISI_ASRI_ALAMIN[1].pdf Download (1MB) |
|
Text
ii.BAB_PENDAHULUAN_ASRI_ALAMIN[1].pdf Download (262kB) |
|
Text
iii.KESIMPULAN_SARAN_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_ASRI_ALAMIN[1].pdf Download (290kB) |
|
Text
iv.SKRIPSI_FULL_ASRI_ALAMIN[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pada materi Iklan menggunakan model problem solving, kelas V di SDN 055/VIII Pagar Puding.Shoiminmengemukakan bahwa problem solving adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan keterampilan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan denganmodel penelitian 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini hanya dibatasi pada penelitian 3-D yaitu sampai di tahap development (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh satu orang ahli materi, ahli bahasadan ahli tampilan. Pada proses praktikalitas, LKPD di uji coba kepada 1 orang guru dan 26 orang siswa serta untuk uji efektivitas merupakan hasil tes evaluasi siswa kelas V SDN 055/VIII PagarPuding. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap validasi LKPD memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase dari ahli materi 87,5 %, dari ahli bahasa 87,5 % dan dari ahli tampilan 85% dan rata-rata hasil praktikalitas adalah 87,74%. Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan 95% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi Iklan menggunakan model problem solvingmemenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis dan efektiv untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran, khususnya bagi siswa kelas V di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 01:22 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 01:22 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8218 |
Actions (login required)
View Item |