PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DRILLS AND PRACTICE MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA MATERI BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Arif, Rahmat and syukma, netti (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DRILLS AND PRACTICE MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA MATERI BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, BAB 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI ARIF FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis model pembelajaran Drills and Practice menggunakan aplikasi Lectora Inspire untuk materi bangun datar mata pelajaran matematika siswa kelas III sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan mampu meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Pada tahap validitas, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada tahap praktikalitas modul di uji cobakan pada 1 orang guru dan 12 orang siswa. Persentase validitas modul oleh ahli materi yaitu 75% dengan kriteria cukup valid. Persentase validitas modul oleh ahli desain yaitu 87,5% dengan kriteria valid. Persentase validitas modul oleh ahli bahasa yaitu 91% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validitas e-modul berbasis model pembelajaran Drills and Practice menggunakan aplikasi Lectora Inspire untuk materi bangun datar mata pelajaran matematika siswa kelas III sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dengan persentase 84,5%. Dan persentase praktikalitas modul oleh guru yaitu 100% dengan kriteria sangat praktis. Persentase praktikalitas modul oleh siswa yaitu 92,32% dengan kriteria sangat praktis. Hasil praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 96,16%. Jadi dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis model pembelajaran Drills and Practice menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada materi bangun datar mata pelajaran matematika untuk siswa kelas III sekolah dasar sudah valid dan praktis digunakan sebagai sumber/bahan ajar pembelajaran Matematika di kelas III di sekolah dasar. Kata kunci : E-modul, Model Pembelajaran Drills and Practice, Lectora Inspire, Matematika, Bangun Datar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 16 Mar 2022 08:02
Last Modified: 16 Mar 2022 08:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8329

Actions (login required)

View Item View Item